Manajemen Pemasaran 1
(MP_ASN 1)

Manajemen Pemasaran merupakan mata kuliah keilmuan dan ketrampilan (MKKK) yang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan dengan mengedepankan topik yang sangat berpengaruh untuk pemasaran di abad ke 21 ini. Topik utama dalam mata kuliah ini adalah mengenai riset pemasaran, pasar konsumen, pasar bisnis, segmentasi pemasaran, analisis persaingan, komunikasi pemasaran terpadu, tawaran pasar baru, pasar global dan pemasaran holistic.

 

Dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan  dapat membekali mahasiswa untuk memahami tentang riset pemasaran dan meramal permintaan (forecasting), model perilaku konsumen, faktor yang mempengaruhi perilaku, perilaku konsumen di era internet dan proses pengambilan keputusan, pasar bisnis, proses pembelian pasar bisnis serta pasar institusi dan pasar pemerintah, segmentasi, segmentasi pasar konsumen, dasar segmentasi pasar bisnis dan penetapan pasar sasaran, persaingan, kekuatan persaingan, mengidentifikasi pesaing, menganalisis pesaing strategi bersaing untuk pemimpin pasar dan strategi bersaing lainya, perancangan dan pengelolaan komunikasi pemasaran terpadu, pengelolaan komunikasi pribadi (pemasaran langsung dan penjualan personal), tentang tawaran produk pasar baru yang meliputi tantangan dalam pengembangan produk baru, penataan organisasional, dan mengelola proses pengembangan, pasar global di abad 21, melihat lingkungan pasar global, cara memasuki pasar global, program pemasaran global dan organisasi pemasaran global, mengelola organisasi pemasaran holistik meliputi kecenderungan dalam organisasi, dan mengelola organisasi pemasaran holistik meliputi kecenderungan dalam organisasi perusahaan, pemasaran internal, pemasaran yang bertanggung jawab sosial, penerapan pemasaran dan masa depan pemasaran.